Inaugurasi Kompas Muda, Awal atau Akhir?

Inaugurasi Kompas Muda adalah pengalaman yang nggak bakal aku lupain. Hari itu menandakan pengangkatan kita, Magangers VI, Maximuse, ke dalam keluarga besar Kompas yang diadakan tanggal 11 Juli kemarin.

Temen-temen Maximuse mulai berdatangan jam 9 pagi. Seperti biasa, ada yang berangkat bareng naik kereta dan ada juga yang sendiri. Kita berasal dari daerah yang berbeda-beda, ada yang dari Bandung, Depok, Cikarang, dan ada juga Igna yang jauh-jauh datang dari Jogja. Aku sendiri tinggal di Jakarta Utara, jadi nggak jauh-jauh banget dari gedung Kompas tempat acara Inaugurasi.

Sampai di Kompas, kita semua sibuk ngobrol-ngobrol bareng, sampai ditegur beberapa kali sama panitia hehe… Sekitar jam 12, yang cowo-cowo sholat Jumat dan yang cewe-cewe mulai dandan. Afi dan Detha, temen-temen dari Maximuse, ngebantuin dandan rambut kita semua sampai bercanda mau bikin salon. Makasih ya Afi, Detha, karena kalian rambut para cewe pun menjadi keren badai dengan curls sehingga hampir siap untuk Inaugurasi. Setelah semua telah rapi, cantik, dan ganteng, acara pun dimulai sekitar jam setengah 4.

Kak Evanto dan Kak Ryan memulai acara sebagai MC yang bikin kita tertawa terus sepanjang acara, walau kadang candaannya jayus. Film-film karya Maximuse yang dibagi tiga kelompok pun lalu ditampilkan. Kelompokku mendapat tema romantis, dan dua kelompok lainnya mendapat tema komedi dan teka-teki. Ketiga film ini dibuat hanya dalam 2 hari jadi udah keren banget.

Mas Handoko dari Komunitas DoArt dan Kang Asep dari Komunitas Historia menjadi pembicara di Inaugurasi tahun ini. Kerja mereka sangat menginspirasi dan menarik, mengajak anak muda untuk berkarya dan aktif dalam komunitasnya. Di tengah-tengah acara, Pak Jokowi, capres RI 2014, tanpa diduga lewat dan acara pun terhenti sebentar karena banyak yang ingin melihat langsung capres dengan nomor urut 2 itu. Lucu banget kalau dipikir-pikir sekarang.

Akhirnya, puncak acara tiba, Inaugurasi Magangers Batch VI pun mulai. Masing-masing peserta mendapat nametag, sertifikat dan goody bag. Setelah semuanya telah maju, kita berfoto bareng. Kangen banget sama Maximuse nulis ini sekarang. Nyesel nggak foto-foto lebih banyak dan pingin banget ketemu sama kalian sekarang.

Back to Inaugurasi… syukur kelompokku, Gaia Muda mendapat penghargaan kelompok terbaik. Bangga banget jadi reporter Gaia Muda dan bisa bekerja sama dengan Ambay, Amelia, Nadia sama Mario. Setelah itu, ada acara makan-makan dan performance dari grup vokal IPB. Terakhir, Maximuse berfoto bareng memakai kaos Maximuse bewarna biru. Acara pun selesai.. tapi kita nggak langsung pulang. Pastinya kita foto-foto dulu buat kenang-kenangan di Wall Of Fame yang dibuat panitia Magangers batch V.

Satu persatu pun kita berpamitan, dengan teman-teman, kakak-kakak dan juga mbak dan mas yang telah membantu dan memperhatikan kita selama magang. Aku rasa ini bukan hanya akhir dari masa magang kita, tapi juga menandakan awal kita sebagai keluarga Kompas. Aku nggak bohong, kangen banget sama Maximuse dan nunggu-nunggu waktu reuni. Tolong jangan lupain aku ya kawan-kawan. Makasih banget buat semuanya dan maaf kalau aku ada salah sama kalian. Untuk Mbak Lastri, Mbak Susie, Mbak Tia, Mas Juni, Abah, Mbak Ana dan semuanya yang sudah membantu dan menjaga Maximuse selama masa magang ini, aku sangat berterima kasih untuk kesempatan bergabung dengan Kompas. Mohon maaf kalau ada salah selama masa aku magang. Aku nggak bakal pernah lupa sama keluarga Kompas Muda. =)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *