Pengalaman di Perpustakaan Nasional

Gedung2

Liburan ini banyak hari senang dan hari membosankan. Hari ini adalah salah satu dari hari membosankan itu. Maka dari itu, aku putuskan untuk berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI, Salemba, Jakarta Pusat. Kunjungan ini sekalian untuk mencari bahan olimpiade geologi yang akan aku ikuti. Banyak banget hal yang baru pertama aku lihat dan nggak aku tahu sebelumnya. Padahal kan cuma perpustakaan.. Apa yang spesial? Well, check it out!

Aku pergi dengan mobil pribadi, kurang lebih 3o menit dari rumahku di Jakut. Sampai di lobby perpustakaan aku langsung pergi ke bagian Keanggotaan untuk membuat kartu anggota. 5 menit langsung jadi! Komplit dengan foto juga lho! Yang paling penting, pembuatannya gratis tanpa dipungut biaya apapun. Kemudian aku langsung menuju ke lantai dua untuk mencari monograf* yang aku mau.

Pemandangan yang aku lihat sama sekali tidak seperti perpustakaan biasa, kenapa? Karena tidak ada bukunya! Dengan bingung, aku menghampiri perpustakawan di belakang meja penyambut. Setelah bertanya, aku baru tahu, rupanya perpustakaan ini tertutup. Itu berarti buku-buku dan media lainnya disimpan di gudang. Jadi, sistemnya seperti order barang online gitu, kita cari buku/media yang kita mau di katalog, lalu kita tuliskan di bon seperti di bawah ini.

2497294266_2a37d95822

photo (2)

Nah, di katalog sudah tertulis lokasi buku/media, kita tinggal bawa deh bon kita ke lantai lokasi. Karena itu aku langsung naik ke lantai 3. Ada dua pintu disana, kanan dan kiri lift. Gausah bingung, semua detil udah ada di katalog, kita tinggal liat nomor ruangan yang sesuai dengan nomor panggil buku/media. Tinggal kasih bonnya ke perpustakawan dan tunggu pesanan kita datang! Emang sih agak ribet, apalagi kalau jumlah buku yang kita cari banyak. Bisa-bisa kita kesana-kemari keliling gedung. Tetapi ini memudahkan kita mencari buku/media yang kita mau dan menjaga buku dalam kondisi yang baik. Sistem ini cocok kalau memang tujuan kita meneliti dan sebagainya. Pusat Informasi Kompas juga menyimpan buku dengan cara yang sama. Tapi hanya jurnalis yang boleh masuk keluar gudang buku PIK.

Perpustakaan Nasional RI, Merdeka Selatan

Buat yang cuma ingin liat-liat, sekedar menambah ilmu, atau belum tahu buku yang diincar, lebih baik kita ke Perpustakaan Nasional RI, Merdeka Selatan. Lokasinya tidak jauh dari Salemba, hanya sekitar 15 menit. Suasananya lebih bersahabat dan nyaman untuk bersantai. Gedungnya berlantai dua dan berinterior kayu. Berbeda dengan di Salemba yang seperti gedung kantor. Sistem perpustakaan di Merdeka Selatan terbuka, seperti perpustakaan yang biasa kita lihat. Tersedia fasilitas komputer dan sofa yang nyaman. Ada juga ruangan anak yang menyimpan bacaan anak-anak.

04012012623

04012012624

Akhirnya! Aku menemukan juga buku-buku yang aku cari. Di dua rak, buku-buku seputar geologi dasar lumayan lengkap. Setelah membaca beberapa halaman, terdengar suara ibu perpustakawan, “Mbak, mas perpustakaannya sudah mau tutup.

Aduh, baru juga sampai pembukaan, udah disuruh keluar. Sayangnya, perpustakaan ini hanya buka dari jam 9.00 sampai jam 17.30. Para perpustakawan mulai menutup perpustakaan sekitar jam 16.30, penutupan yang awal ini mungkin disebabkan oleh kurangnya pengunjung.

Semoga dengan tulisan ini, pembaca jadi terinsipirasi untuk ke perpustakaan dan bukan malah jadi pusing. Kalau pembaca rajin ke perpustakaan, mungkin saja jam tutupnya bisa diundur hehe. Yang pasti pembaca akan tambah pintar dan bepengetahuan.

“I have always imagined that paradise will be a kind of library.” –Jorge Luis Borges

Aku berterima kasih banget sama para perpustakawan yang menjadi pelindung buku, dan nggak kesal menghadapi pengunjung yang mungkin ngerepotin seperti aku.

Spesial banget kan perpustakaan? Sebelum jawab, pembaca coba dulu aja ke perpustakaan terdekat. Siapa tahu banyak yang sudah berubah.

 

*Monograf: Buku yang merupakan terbitan tunggal, dan selesai dalam satu jilid.

Alamat Perpustakaan Nasional RI:

Jl. Salemba Raya 28A, Jakarta Pusat 10430

Jl. Merdeka Selatan No. 11, Jakarta Pusat 10110

Sumber gambar:

http://indra-write.blogspot.com/2012/01/perpustakaan-nasional-republik.html

https://www.flickr.com/photos/salsabeela/2497294266/

http://www.pnri.go.id/

 

 

2 thoughts on “Pengalaman di Perpustakaan Nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *