6 Upacara Bendera Unik – Ke-69

Meskipun telat, semoga artikel ini bermanfaat =)

Upacara Bendera pada Hari Kemerdekaan Indonesia sudah menjadi hal yang rutin dilakukan masyarakat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Pastinya kamu juga sudah pernah mengikuti upacara bendera kan? Upacara 17 Agustus-an biasanya dilakukan dengan pasukan yang berbaris di lapangan, baik lapangan sekolah ataupun perkantoran. Terbayang kan suasana hening yang selalu hadir menjelang pengibaran bendera Sang Merah Putih, oleh pasukan pengibar bendera? Setiap orang punya kenangannya masing-masing saat upacara 17-an. Kita liat yuk beberapa upacara bendera unik di ulang tahun Indonesia yang ke-69 ini.

  1. Upacara Bendera di Bawah Tanah

bawah tanah

Pernah nggak kamu liat upacara bendera dalam perut bumi? Kalau nggak, itu karena upacara yang memenangkan Rekor MURI ini baru pertama kali lho diadakan di bawah tanah. Di kedalaman 1400 meter di bawah permukaan tanah, PT. Freeport Indonesia mengadakan upacara penaikan bendera yang diikuti oleh 100 orang. Untuk ke tempat upacara, yaitu area tambang bawah tanah Deep MLZ, Papua,peserta harus melewati terowongan sepanjang 5 km!

  1. Upacara Bendera di dalam Mall

Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Forum Pelajar Indonesia (FOR Indonesia) melakukan upacara pengibaran bendera menyambut HUT Ke-69 Kemerdekaan RI di Plaza Blok M, Jakarta, Minggu (17/8).

Upacara yang satu ini nggak kalah uniknya! Indonesia Student and Youth Forum mengadakan upacara penaikan bendera yang dilaksanakan di Plaza Blok M, Jakarta, dengan 250 orang peserta. Pertama kalinya juga diadakan, upacara yang diikuti oleh siswa SMA se-derajat ini tercatat sebagai pemenang Rekor MURI lho.

  1.  Pembentangan Sang Merah Putih di atas Sungai

sungaiii

Kali ini, bendera merah putih sepanjang 20 meter dibentangkan di sepanjang sungai Pelus, Banyumas. Seperti upacara bendera pada umumnya, semua perangkat mulai dari inspektur upacara, pembacaan teks detik-detik proklamasi, pembacaan Pembukaan UUD 1945, pembacaan Doa dan pembacaan amanat upacara dilakukan. Tetapi, kali ini inspektur upacara diantarkan ke tempat upacara menggunakan perahu kecil yang dibuat dari ban bekas. Kreatif banget ya masyarakat Banyumas.

  1. Upacara di Dasar Laut

bawah laut

Di darat udah biasa, di bawah tanah udah, di atas air juga udah. Sekarang, Indonesia sudah bisa lho mengadakan upacara bendera di bawah laut! Lengkap dengan pasukan, pengibar bendera, serta inspektur upacara. Upacara unik ini adalah yang pertama dengan susunan acara lengkap selayaknya upacara di darat. 200 orang yang terdiri dari mahasiswa, club diving, TNI/Polri dan Basarnas mengikuti upacara bendera ini di kedalaman 15 meter di bawah laut laut Gapang, Aceh.

  1. Upacara dilakukan oleh Mobil

mobil upacara

Ternyata, mobil juga bisa ikut serta dalam upacara bendera lho. Pemimpin upacara bendera yang diadakan oleh Pajero Indonesia One (PI One) memberi aba-aba dari mobil dengan menggunakan pengeras suara. Pengibar bendera pun juga menaiki mobil, sedangkan peserta yang berjumlah 45 mobil ‘berbaris’ dengan pemiliknya yang berdiri di samping mobil-mobil Pajero tersebut. Upacara bendera ini diadakan di Perkemahan Cibubur, Jawa Timur.

  1. Hanoman Mengibarkan Bendera Merah Putih

hanoman bendera

truk bendera

Di Pantai Kuta, Bali, tokoh wayang Hanoman, mengibarkan Sang Merah Putih dengan diantar truk eskavator. Hanoman dianggap sebagai tokoh yang gagah dan punya loyalitas tinggi, karena itulah ia dipilih sebagai pengibar bendera.

 

Dirigen berpakaian tradisional juga memimpin lagu di atas traktor. Unik banget kan?

 

 

 

Sumber:

http://news.liputan6.com/read/2092379/saat-karyawan-freeport-gelar-upacara-hut-ri-di-perut-bumi

http://carakanews.com/di-banyumas-upacara-hut-ri-ke-69-di-sungai-inspektur-upacara-naik-perahu/

http://otomotif.kompas.com/read/2014/08/18/135603115/Gelar.Upacara.Bendera.Unik.di.Ulang.Tahun.Perdana.Pajero.Indonesia

http://www.aktual.co/nusantara/124927hanoman-kibarkan-bendera-merah-putih-di-upacara-hut-ri

http://simomot.com/2014/08/17/inilah-acara-dan-peristiwa-unik-hut-ri-ke-69/

http://soloraya.com/2014/08/18/5-lokasi-unik-upacara-hut-ri/

http://news.liputan6.com/read/2092209/upacara-bawah-laut-pertama-di-titik-nol-indonesia

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *